Rabu, 16 Oktober 2013

Jakarta - Yogyakarta melipir dikit ke Solo (7-12 September 2013)

Sabtu, 7 September 2013

Awal mula cerita perjalanan ini dimulai, pas ane bangun tidur jam 10 pagi.. Cuci muka dan dilanjut ngopi-ngopi ganteng dulu di kamar.  Bangunin temen ane si Jay yang semalem sebelumnya mutusin nginep dulu dirumah ane. Makan, mandi, langsung siap-siap buat ke depok kelapa dua ke kosan si Jay. Janjian ngumpul bertiga jam 2 siang di kosan, disana temen ane si Komang yang dari Cibubur udah nunggu. Sambil nunggu si Jay siap-siap, ngopi lagi sambil nelfon tempat sewa mobil di jogja buat booking selama di Jogja. Setelah solat Ashar, ane bertiga berangkat dari kelapa dua naik angkot ke Margonda, janji temu sama temen ane cewe, Putri namanya, di sebrang kampus Gunadarma Margonda.
Hap hap… Kita berempat naik kereta commuterline dari stasiun pondok cina ke tebet. Karena kita dapet tiket kereta keberangkatan dari Stasiun Senen ke Stasiun Lempuyangan jam 10 malem, yang udah dipesen 5 hari sebelumnya, jadi kita ngumpul ngumpul lucu dulu dirumah temen ane si Dita di tebet. Jam 5 sore kita ber-3 nyampe dirumah Dita sembari cari makan dulu buat ngisi tenaga, hihi. Ga terasa udah maghrib, kita pada solat dulu. Dilanjut ngelahap makanan yang dibeli tadi sore. Eh, udah Isya aja.. Setelah solat Isya, kita langsung berangkat ke stasiun senen. Di stasiun senen, udah ada si Adhe temen ane yang udah standby anteng, bak seperti calo yang sedang mangkal menunggu calon pembeli tiket..

Setelah sampai, ketemuan sama Adhe depan indomaret. Melipir dulu ke indomaret buat beli cemilan, air minum. Pas mau masuk ke stasiunnya, kebetulan ketemu temen kampus ane yang mau ke Jogja juga, mereka ber-5. Wiihh dalem hati ane, bakal rame aja ini yang ke Jogja. Lanjut ngobrol-ngobrol ganteng dulu sambil nunggu kereta dateng. Jam 10 malam kereta Progo ekonomi ac jurusan Senen – Lempuyangan seharga Rp.50.000 berangkat. Kita dapet tempat duduk yang seat nya 3-3 berhadepan. Apesnya, kita sebelahan sama segerombol bapak-bapak yang batre nya ga pernah abis abis buat ngobrol. Mending kalo pelan suaranya.. Tuh suara bisa bangunin firaun dari tidurnya.
Sekitar jam 1 malam, kereta brenti sebentar di stasiun Cirebon. Itu juga kalo ga salah gan, ane rada lupa. Para lelaki manfaatkan momen ini buat turun dan ngobrol-ngobrol serasa jadi kernet kereta api yang nawarin orang-orang buat naik kereta (mana ada kernet kereta haha..).

                                                               (Statsiun Cirebon)

Minggu, 8 September 2013

Jam 6 pagi, kereta sampai di Lempuyangan. Kita ber-6 langsung nyari warung makan di sebrang pintu keluar stasiun. Harganya relative lah.. Untuk soto ayam + nasi 5rebu, nasi goring 8rebu, es teh manis, kopi susu sama kopi item 2rebu masing masing harganya. Setelah beres makan, dilanjut dengan ngopi dan ngobrol-ngobrol, langsung pesen tiket balik buat tgl 12 September nya. Dapet lah kita tiket kereta Bengawan, tujuan Solo – Senen seharga 50.000 (FYI kereta Bengawan ini ngelewatin dan brenti di Lempuyangan buat ngangkut penumpang lagi).
Perut kenyang, tiket buat balik udah di tangan, langsung nelfon penyewaan mobil yang udah ane telfon kemarennya. Tadinya ane mesen avanza yang lama seharga 250k/24jam, kalo yang new avanza 300k/24jam. Tapi katanya, mobil avanza lama, baru ada sejam lagi, yaudah ane bilang ga apa, ane tunggu dah. Selang 2menit, doi nelfon tuh gan. Dia bilang daripada ane nunggu sejam lagi, doi nawarin yang new avanza, dikasih diskon 25ribu, jadi 275k/24jam. Jadilah ane ambil yang new avanza buat 4hari. 5menit kemudian mobil datang tepatnya jam 9 pagi, langsung urus persyaratannya, ktp asli masing-masing dari kita ditahan buat jaminan dan langsung masukin barang-barang ke mobil. Sebelum jemput temen ane si Ipit yang dari Jepara di terminal Jombor, kita muter muter dulu sekedar buat menikmati suasana Kota Yogyakarta..

12.30 kita sampe di terminal Jombor. Solat, ngopi ngopi dan mengobrol santai sambil nunggu Ipit nyampe. Sekitar sejam nunggu, si Ipit a.k.a pelor (nempel molor ) nyampe juga di terminal Jombor. Jam 13.36 langsung lanjutin perjalanan ke pantai Ngobaran. Perjalanan yang memakan waktu 3jam dan jalan yang lumayan berkelok-kelok, akhirnya sampai juga kita semua di pantai ngobaran jam 16.30 Biaya Cuma 5ribu untuk parkir mobil. Semua kelelahan di perjalanan, terbayar oleh pemandangan yang disuguhkan disini. Gile bahasanye hahaha..

( Pantai Ngobaran )

                                                                                  ( Pantai Ngobaran )

Puas maen-maen di karang, liat-liat makhluk hidup yang ada di karang, kita jalan dikit ke atas. Naik dikit keatas lewatin tangga2 kecil, kita dapet view yang lumayan weew.. Disebelah kanan keliatan ada pantai lagi, ane kurang tau pantai apa, lupa nanya soalnya hehe..

Matahari udah mulai terbenam, kita semua solat dulu buat lanjut cari makan dan menuju ke daerah Solo buat istirahat disana. Jam 9 malam kita sampai di bukit bintang daerah bukit Phatuk Kabupaten Gunung Kidul. Ada salah satu tempat makan yang terdapat uler nya gan emang sih ditaro di tempat ikan gitu dari kaca nako, tetep aja geli liatnya. Geli loh gan, bukan takut akhirnya kita pindah tempat makan yang lebih nyaman dan aman.. makanan disini lumayan enak kok gan dan ga terlalu mahal2 juga. Yaaa walaupun makanannya datengnya agak lamaaa… Kelar ngisi perut, ngobrol ngobrol lucu, nikmatin pemandangan lampu2 kota jogja di malam hari, langsung kita menuju ke Solo kabupaten Wonogiri, rumah si ade yang emang ditempatinnya pas lagi balik mudik doang. Nyampe lokasi sekitar jam setengah 2 malam. Di daerah sini emang masih desa banget. Pohon dimana-mana, malem atau siang, sama aja sepinya.. Dan kebanyakan rumah disini masih dari kayu. Karna ini rumah ditempatinya setahun sekali, jadi air buat mandi pun ga ada, jadi kita semua mampir kerumah neneknya si ade yang ga jauh dari rumahnya buat bersih2 dan cuci muka. Selesai bersih-bersih, disuguhin teh anget dan ngerokok2 dulu. Setelah itu kita langsung pamit buat istirahat. Dirumahnya ade, kita ber-7 tidur rame2 diruang tengah. Sebenernya ada kamar 2, tapi karna ga keurus dan agak horror, akhirnya kita tidur tumpuk2an kaya ikan teri diruang tengah hahaha..

Senin, 9 September 2013

Jam 10 pagi kita mampir ke rumah bule nya adhe yang ga jauh juga dari rumahnya adhe buat numpang mandi. Selesai semuanya mandi, para wanita bikin nasi goreng buat sarapan. Selesai makan dan solat, kita semua siap-siap buat ke pantai indrayanti. Berangkat sekitar jam 1an siang dan diperjalan juga kita ga boring.. Karna disuguhin udara yang seger pas masuk daerah Wonosari. Sekitar jam 4, kita mampir dulu ke mushola buat solat dan sekedar ngelenturin pantat yang udah mulai vertigo sambil ngerokok. Nyampe Indrayanti sekitar setengah 5. Untung pake gps, kalo enggak, bisa 6jam nyampe indrayanti. Biaya masuknya juga ga mahal, cuma bayar buat parkir mobil. Sebenernya 3ribu, tapi kasih aja 5ribu. Di Indrayanti ini lebih terurus, banyak warung makannya, dan ada penjaga pantainya. Buang sampah disini juga bakal didenda 10ribu, jadi budayakan buang sampah pada tempatnya ya gan. 

( Pantai Indrayanti )

Setelah nikmatin suasana sore hari menjelang malam di Indrayanti, sambil mengisi perut dan tak lupa kita solat dulu di mushola sekitar daerah pantai. Langsung pacu mobil buat balik ke Wonogiri buat istirahat. FYI, sbenernya kalo mau ke pantai-pantai yang di daerah Gunung Kidul, lama diperjalanannya. Tapi ga bakal kerasa lamanya perjalanan, karna pasti ada aja momen pas di perjalanan yang bakal terus keinget dan buat dikenang hehehe.. Jam setengah 7 kita bertolak dari Indrayanti, diperjalanan sempet brenti dulu sebentar buat sola. Sampai di Wonogiri sekitar jam 12an karna sempet nyasar juga baliknya. Karna udah pada kecapean, cewek cewek langsung pada tidur. Tapi tetep, paling cepet tidur ya si Ipit ini.. Baru kena bantal, langsung tewas… Komang sama Adhe pun nyusul tidur jam 3 subuh, tinggal ane sama Jay yang masih melek. Pada kelar subuhan, dilanjut lagi tidurnya dan Jay pun ga kuat buat melek lagi. Nah ada cerita sedikit menarik dihari kedua nginep disini. Sekitar jam 5 subuh, tinggal ane doang yang masih melek. Lagi asik ngaskus lewat hp, tiba-tiba ada suara bapak2 batuk dan ngegeram dari arah dapur. Hordeng ruang tengah pun dimaenin sama “dia”, padahal pintu sama jendela ketutup rapet dan ga ada angin sama sekali. Ane gak peduli sama kejadian itu, lanjut ngaskus bentar sambil denger lagu untuk ngilangin rasa takut.

Selasa, 10 September 2013

Jam 6 pagi nya, ane bangunin Adhe buat ke pasar beli sarapan. Suhu udara pagi disini sekitar 13-14 derajat, dingin banget…. Pasar disini juga masih tradisional banget. Ibu2 disini juga masih banyak yang kalo kemana-mana ga pake sandal. Dapet dan berasa banget pedesaannya. Beberapa foto pas ane ke pasar, maap yak agak burem.. maklum hp jadul, jadi ga maksimal hasilnya.

( Pasar )

( Pasar )

Total belanja bubur sumsum dawet 7 bungkus, pecel + gorengan 7 bungkus, sama gorengan tempe yang dipisah 5biji, cuma 20ribu aja gan, udah bikin kenyang. Jam 10an mandi, bikin mie buat makan lagi dan siap2 buat pergi dari rumah itu. Rencananya sih semalem lagi tinggal disitu, karna ada salah satu temen ane yang parno dirumah itu, dia bersedia bayarin sewa kamar semalem buat kita semua hehehe namanya rejeki mah jangan ditolak hehe. Ga lupa kita pamit ke Bule nya, ngucapin makasih yang udah ngebolehin kita semua numpang mandi. Setelah dari situ, kita lanjut pamit kerumah neneknya yang masih terbuat dari kayu tapi halamanya cukup luas, bisa buat maen bola.

Lanjuuuut ke Jogja buat cari penginapan… Nyampe Jogja sekitar setengah enam sore, beberapa penginapan kita datengin, tapi ga nemu yang dibawah 100ribu.. Akhirnya dapet di daerah Malioboro, di hotel Kartika. Permalamnya buat 1 kamar kena harga 100ribu. Mesen lah buat 3 kamar.. ane sama Jay 1 kamar, Adhe sama Komang 1 kamar, dan Putri, Dita, Ipit bertigaan dalam 1 kamar. Kelar santai2, mandi, solat, langsung jalan ke daerah Phatuk. Buat sekedar mampir ke temen ane yang kerja di ToGo café sekalian ngisi perut juga. Di café ini kata Adhe kopi itemnya ueenaaak…. Ane kurang tau rasanya, karna ane ga sempet nyobain tuh kopi. Dia baru cerita pas balik dari situ. Kelar makan dan santai2, si Jay ngajakin ke Kali Milk. Jadi, café ini menu andalanya minuman susu yang banyak rasanya dan pengunjung café ini pun disebutnya nenen’ers hehe.. Setelah santai2 disitu sambil maen uno, tepatnya jam 12, kita langsung lanjut nongkrong ke angkringan daerah tugu. Nyobain kopi joss (kopi yang ada celupan areng) sambil lanjut maen uno lagi. Balik ke penginapan jam setengah 2 dan istirahat….

Rabu, 11 September 2013

Pada bangun jam 8 pagi, tapi ujung2nya berangkat jam 10 lagi, sebenernya ane juga yang bikin lama, mandi terakhir, maklum gan masih ngantuk, jadi tidur lagi sebentar hahaha.. Hari ini kita semua mau ngunjungin pantai Wediombo. 2 kali brenti dijalan buat solat sama sekedar ngeistirahatin badan yang udah pegel-pegel. Sampe di Wediombo sekitar jam 5 sore. Di Wediombo ini masih kurang perawatannya, masih ada beberapa sampah yang berserakan. Pas ane sampe situ juga, cuma ada 1 warung doang. Pengunjung yang dateng kesitu juga masih sedikit. Cuma ada rombongan ane sama 1 rombongan yang mau nenda disitu. Mungkin karna tempatnya yang jauh, orang2 masih males kesini. Puas foto-foto, maen maen di karang dan liat sunset, hari mulai gelap dan kita siap2 mau balik.

( Pantai Wediombo )

Lanjut ke perjalanan balik, mampir dulu ke mushola buat solat. Ada warga yang lagi mau solat juga nanya2 kita darimana. Karna ane gabisa bahasa jawa, temen ane yang nanggepin, ramah ramah warga disekitar deket pantai Wediombo.  Lanjut makan malam di bukit bintang (lagi)…Sampai sekitar jam setengah 10 malam, ngisi perut, ngopi-ngopi. Kali ini kita semua ga begitu lama disitu, cuma sekitar setengah jam-an dan langsung pacu roda empat sewaan ke alun-alun kidul untuk masangan. Sekitar jam 11 malam kita sampai di alun-alun kidul. Oh iya yang belum tau apa itu masangan.. Jadi… mata kita itu ditutup dengan kain, jaket atau apapun buat nutup mata. Bisa juga nyewa 5ribu sepuasnya buat satu penutup mata. Banyak kok yang nyewain di lokasi. Setelah mata kita ditutup kain, kita harus jalan lurus ngelewatin pohon gede di sisi kiri kanannya. Banyak sih mitosnya kalo bisa ngelewatin pohon beringin itu, tapi ane kurang percaya mitos gan (no offense). Cuma si Jay doang yang berhasil ngelewatin tuh jalan diantara dua pohon beringin gede, sisanya gagal, yang lain pun pada ga berhasil. Pada nyasar ke tukang rokok, tukang jualan lampu ala ala ibu peri… Kelar masangan, nyobain wedang jahe yang berjejer dijual di sekitar alun-alun kidul sambil maen uno cat cit cat… kelar, langsung balik ke penginapan.

Kamis, 12 September 2013

Jam 8 pagi, ane, adhe, komang mampir bentar ke magelang ke rumah pakde nya komang. Para wanita lebih memilih untuk berburu belanjaan untuk disantap dan jay lebih memilih untuk bersenggama dengan guling di penginapan. Setelah balik dari Magelang dan kelar beres beres perlengkapan untuk pulang, kita semua menuju stasiun Lempuyanga yang sebelumnya melipir dulu buat beli oleh oleh bakpia. Jam setengah 3 kita semua sampai di stasiun Lempuyangan, orang dari penyewaan mobil datang buat ngambil mobil, dan ane pun ambil ktp kita semua yang sempet disita untuk jaminan sewa mobil. Masalah mobil udah kelar, kita langsung ke dalem stasiun buat nunggu kereta Bengawan dateng. Setengah 5 sore kereta dateng, kita semua pun lari lari kecil buat menuju gerbong yang kita tuju. 16.50 kereta berangkat dari stasiun Lempuyangan dan sampai di stasiun Senen pukul 01.30 Jumat dini hari.

Demikian lah cerita perjalanan ane bersama 6 teman ane. Maap maap kalo tulisan ane masih berantakan dan ga rapiii.. Kalau ada salah penulisan, mohon dikoreksi ane cuma niat buat berbagi cerita aja kok hehe.. Terima kasih udah mau baca cerita ane J

Sekian dan terima kasih..

Senin, 14 Oktober 2013

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Setiap manusia selalu ingin memenuhi kebutuhan hidupnya, tetapi manusia berhadapan dengan bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Contoh Mengambil keputusan misalnya keputusan untuk menunda perkawinan (KB), keputusan untuk membeli TV atau DVD oleh kepala rumah tangga, keputusan untuk memberikan pinjaman dengan bunga rendah oleh pimpinan Bank Dunia, keputusan untuk mengalokasikan investasi dan keputusan-keputusan lainnya yang mempunyai ruang lingkup lokal atau daerah, sektoral, nasional, dan internasional. Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian,penggunaan,serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Mengambil atau membuat keputusan, pada dasarnya berarti memilih satu diantara sekian banyak alternatif. Misalnya ingin membeli produk atau tidak, tamatan SMA ingin melanjutkan kuliah di universitas negeri atau swasta, dan lain-lain. Minimal ada dua alternatif dan dalam prakteknya lebih dari dua alternatif dimana pengambil atau pembuat keputusan (decision maker) harus memilih salah satu berdasarkan pertimbangan atau kriteria tertentu.
Proses pengambilan keputusan terdiri dari lima tahap yaitu ;

PENGENALAN MASALAH -> PENCARIAN INFORMASI -> EVALUASI ALTERNATIF -> PILIHAN -> EVALUASI PASCA AKUISISI

Pada tahap pengenalan masalah, konsumen itu membutuhkan sesuatu. Dan bila kebutuhan cukup kuat, maka hal itu dapat memotivasi calon pembeli untuk memasuki tahap kedua dari proses pengambilan keputusan konsumen yaitu pencarian informasi. Pada tahap ketiga, konsumen mengevaluasi alternatif yang mereka identifikasi untuk memecahkan masalah mereka. Pada tahap keempat pilihan merupakan proses dimana konsumen memutuskan tindakan alternatif apa yang akan dipilih apakah mereka akan membelanjakan uangnya atau menabung, atau dari toko mana mereka membeli produk. Yang akhirnya pada tahap pascaakuisisi konsumen mengkonsumsi dan menggunakan produk atau jasa yang mereka peroleh.

1. PENGENALAN MASALAH
Pengenalan masalah terjadi bila suatu kebutuhan dirasakan oleh keadaan konsumen. Keadaan konsumen dipengaruhi oleh stimulasi. persepsi, aspirasi dan lingkungan (seperti kebudayaan, kelompok acuan, dan gaya hidup).
Yang mempersulit usaha pengambilan keputusan ialah bahwa kondisi dan sifat lingkungan itu tidak selalu dapat diketahui dengan pasti misalnya ketika konsumen menerima stimulasi, seperti harga produk yang sangat mahal, penilaian orang lain terhadap pilihan konsumen sangat berpengaruh, ancaman fisik, psikologi maupun sosial yang besar akibat pemakaian produk, konsekuensi untuk menghentikan pemakaian produk lain yang disukai, dan hasil pemakaian masih belum dapat terbukti maka konsumen akan memiliki persepsi bahwa produk tersebut berisiko. Persepsi konsumen adalah menentukan hasil evaluasi pasca pembeliannya.


2. PENCARIAN INFORMASI
Setelah mengidentifikasi masalah, konsumen memulai proses pencarian untuk memperoleh informasi mengenai produk-produk yang mungkin mengeliminasi masalah tersebut. Para peneliti mendapatkan bahwa ada dua jenis proses pencarian konsumen yaitu pencarian internal dan eksternal.
Pencarian internal (internal search) adalah usaha konsumen untuk memanggil kembali memori informasi jangka panjang mengenai merk-merk produk atau jasa yang dapat memecahkan masalah mereka. Yang kemudian nantinya mereka atau konsumen akan memisahkan produk dan merk-merk tersebut kedalam tiga kategori :

a. Perangkat pertimbangan atau perangkat yang dibangkitkan (consideration set), yaitu merk-merk atau produk-produk yang dapat diterima konsumen
b. Perangkat lamban (inert set), yaitu merek-merek atau produk-produk diacuhkan oleh konsumen.
c. Perangkat tak layak (inept set), yaitu merek-merek atau produk-produk dianggap tidak layak.
Pencarian eksternal adalah (external search) adalah meliputi akuisisi informasi dari sumber-sumber luar, seperti teman, periklanan, pengepakan, laporan konsumen dan personil penjualan. Para konsumen terlibat dalam suatu pencarian eksternal dengan tujuan memperoleh informasi yang cukup untuk mengindentifikasikan dan membandingkan alternatif. 

Identifikasi jenis-jenis informasi yang dicari konsumen dalam pencarian eksternal, meliputi ;
a. Merek-merek yang alternatif yang tersedia
b. Kriteria evaluatif yang membandingkan merek
c. Pentingnya berbagai kriteria evaluatif
d. Informasi yang membentuk keyakinan ; atribut yang dimiliki merk dan manfaat yang diberikan berbagai atribut.

3. EVALUASI ALTERNATIF
Inti dari pengambilan keputusan ialah terletak dalam perumusan berbagai alternatif. Pada tahap evaluasi alternatif dari proses pemilihan atau akuisisi, konsumen membandingkan pilihan yang di identifikasikan sebagai cara yang potensial mampu memecahkan masalah yang mengawali proses keputusan. Ketika membandingkan pilihan ini, konsumen membentuk keyakinan, sikap, dan tujuan mengenai alternatif yang dipertimbangkan serta memperhitungkan situasi, kondisi, waktu dan ruang.
Memori, Arti, dan Menilai Kebaikan/Keburukan. dalam mempertimbangkan hasil yang mungkin didapat dari suatu keputusan, para konsumen juga mengingat kembali memori semantic dari peristiwa-peristiwa serupa di masa lalu (Nostalgia). Memori semantic ini memberi arti yang sangat mempengaruhi cara mereka menginterpretasikan dan menilai kebaikan atau keburukan berbagai alternatif yang dihadapi mereka. Nostalgia mengacu pada “keinginan masa lalu, rindu akan hari kemarin, atau kebanggaan atas milik dan kegiata yang berhubungan dengan masa lalu”.
Bagaimana nostalgia mempengaruhi penentuan seseorang tentang kebaikan atau keburukan suatu pilihan? Karena nostalgia mengingat pada pengalaman masa lalu yang lebih menyenangkan daripada sesungguhnya, bila suatu merk dapat berhubungan dengan jenis memori positif ini, maka pengaruh positif dari memori akan diaihkan ke merk.

KATAGORI KEPUTUSAN
a. Keputusan dalam keadaan ada kepastian (certainty)
Apabila semua informasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan lengkap, maka keputusan dikatakan dalam situasi ada kepastian. Dalam keadaan pasti kita dapat meramalkan secara tepat hasil dari setiap tindakan.
Misalnya, di dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali keputusan yang kita ambil dalam situasi ada kepastian. Kita tahu persis arah kemana kita harus pergi untuk menemui dokter pribadi, tempat biasa nongkrong, restoran favorit dan sudah terbayang hasil keputusan yang akan kita peroleh sesuai dengan apa yang kita putuskan seperti obat yang mujarab, hal yang menyenangkan, serrta makanan yang lezat.
b. Keputusan dalam keadaan ada risiko (risk)
Risiko terjadi jika hasil pengambilan keputusan walaupun tidak diketahui kepastiaanya akan tetapi diketahui nilai kemungkinan (probability). Misalnya anda ingin memutuskan membeli barang , setiap barang dibungkus rapi sehingga anda tidak tahu mana yang bagus, mana yang cacat/rusak.Tetapi seandainya penjual barang tersebut jujur dan anda diberitahu barangnya ada 10 buah dan yang rusak 9 buah. Kemudian anda harus memutuskan jadi membeli atau tidak.
c. Keputusan dalam keadaan ketidakpastian (uncertainty)
Ketidakpastian akan kita hadapi sebagai pengambilan keputusan kalau hasil keputusan sama sekali tidak tahu karena hal yang akan diputuskan belum pernah terjadi sebelumnya. Misalnya anda baru mengenal seseorang, dia meminjam uang anda sebesar 500.000 untuk modal usaha. Anda sama sekali tidak mengenal orang itu, maka seandainya anda berikan uang sebanyak yang ia inginkan, anda tidak tahu sama sekali berapa probabilitasnya bahwa orang tersebut akan mengembalikan uang yang dipinjamnya tepat pada waktunya.
d. Keputusan dalam keadaan ada konflik (conflict)
Situasi konflik terjadi kalau kepentingan dua pengambil keputusan atau lebih saling bertentangan (ada konflik) dalam situasi kompetitif. Contohnya kalau pengambil keputusan A memperoleh keuntungan dari suatu tindakan yang dia lakukan, hal itu hanya mungkin terjadi oleh karena pengambil keputusan lainnya, yaitu B, juga mengambil tidakan tertentu. Keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh masing-masing akan saling mempengaruhi baik secara positif maupun negative.
Walaupun kelihatannya sederhana, keputusan dalam situasi dalam konflik seringkali dalam prakteknya menjadi sangat ruwet (kompleks). Misalnya kita dapat dihadapkan pada keadaan yang tak pasti ditambah lagi adanya tindakan pihak lawan yang bisa mempengaruhi hasil keputusan. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan menjadi lebih banyak. 

BEBERAPA KENDALA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Kendala yang paling kuat dampaknya sesungguhnya bersumber pada diri pengambilan keputusan yang bersangkutan sendiri. Kendala yang paling sering menampakkan diri adalah ketidakmampuan seseorang bertindak tegas. Contohnya :
a. Kegagalan di masa lalu
Dalam karier seseorang sebagai contohnya, tidak seorangpun yang mencapai nilai keberhasilan seratus persen. Ada saja tindakan dan keputusan yang diambil yang tidak mendatangkan hasil yang diharapkan. Pengalaman pahit demikian tidak jarang menjadi kendala dalam pengambilan keputusan, dan bahkan begitu menghantui seseorang sehingga ia menjadi takut atau ragu-ragu dalam mengambil keputusan.
b. Konsultasi yang berlebihan
Proses pengambilan keputusan dapat menjadi sangat lamban apabila seorang pengambil keputusan melakukan banyak konsultasi dengan berbagai pihak. Proses konsultasi bukan saja perlu tetapi harus dilakukan, alasan nya ialah bahwa dalam menghadapi situasi problematik , kemampuan seseorang yang terbatas tidak memungkinkan memecahkan masalah tersebut secara tuntas betapa tinggi kemampuannya. 
c. Faktor ketidakpastian
Tidak dapat disangkal bahwa ketidakpastian merupakan salah satu kendala yang dihadapi dalam pengambilan keputusan. Karena itu kemampuan memperhitungkan dan mengatasi kendala tersebut. Ketidakpastian itu menjadi kendala karena :
1) Kurangnya keyakinan dalam diri pengambil keputusan tentang hasil yang akan diperoleh dari keputusannya.
2) Preferensi pribadi yang bersangkutan atas alternatif yang mungkin ditempuh, yang bisa saja berbeda dari alternatif yang ditemukan melalui pendekatan ilmiah.
3) Si pengambil keputusan ragu apakah keputusan baru diperlukan. 
d. Pemahaman yang tidak tepat tentang peranan informasi
Pemahaman yang tidak tepat tentang peranan informasi dalam proses pengambilan keputusan dapat menjadi kendala yang harus disingkirkan. Tidak jarang terdengar keluhan para pengambil keputusan mengatakan , bahwa mereka tidak mengambil keputusan karena mereka tidak memiliki informasi yang cukup. Bukan merupakan peritiwa yang ganjil jika seorang pengambil keputusan menggunakan dalih terlalu banyak informasi sebagai alasan untuk tidak cepat mengambil keputusan. 

4. PILIHAN
Setelah mengevaluasi semua alternatif, langkah konsumen berikutnya dalam proses pengambilan keputusan adalah membuat pilihan. Para konsumen memilih merk atau jasa alternatif, dan mereka juga menentukan pilihan diantara toko-toko. Dalam proses pilihan konsumen, konsumen juga dapat memilih alternatif yang tidak dapat dibandingkan (noncomperable alternatives). Misalnya, orang dapat memilih antara menjalani liburan yang mahal dengan membeli mobil, atau membeli perhiasan dan sebagainya.
Bagaimana orang menentukan pilihannya sangat dipengaruhi oleh jenis proses keputusan dimana mereka terlibat. Proses pilihan akan berbeda bila konsumen menggunakan pendekatan keterlibatan tinggi dibandingkan dengan keterlibatan rendah. Demikan pula bila para konsumen menggunakan orientasi pengalaman, maka proses pilhan akan berubah.
a. Pilihan dengan keterlibatan tinggi.
Menurut kondisi keterlibatan tinggi, konsumen bertindak seolah-olah mereka menggunakan model kompensatori (compensatory models of choice). Menurut model kompensatori pilihan yaitu orang menganalisa setiap alternatif dengan cara evaluatif yang luas sehingga penilaian yang tinggi atas salah satu atribut dapat mengkompensasi penilaian rendah atas atribut lainnya. Dalam jenis proses evaluatif ini, semua informasi mengenai atribut suatu merk digabung ke dalam penilaian merk secara keseluruhan. Prosesnya akan diulang untuk setiap alternatif merk, dan merk yang mempunyai preferensi keseluruhan tertinggi dipilih.
b. Pilihan dengan keterlibatan rendah.
Keterlibatan rendah konsumen umumnya bertindak seolah-olah mereka menggunakan model pilihan nonkompensatori (noncompensatory model of choice). Menurut penilaian ini, penilaian yang tinggi atas beberapa atribut tidak perlu mengkompensasi penilaian yang rendah atas atribut lainnya. Model nonkompensatori juga disebut model pilihan hirarkis (hierarchical models of choice) karena konsumen dianggap membandingkan alternatif atas atribut-atribut pada suatu waktu. Satu atribut dipilih dan semua alternatif dibandingkan dengannya. Apabila konsumen berada dalam situasi keterlibatan rendah, mereka tidak mau terlibat dengan sejumlah besar pemrosesan informasi yang dibutuhkan oleh model kompensatori.
Model nonkompensatori digunakan sebagai jalan pintas untuk mencapai keputusan yang memuaskan, bukan optimal. Para konsumen seringkali terpaksa untu memutuskan diantara sejumlah besar alternatif merk. Disini jelas bahwa tidaklah mungkin untuk meneliti setiap merk secara rinci, sehingga masyarakat membutuhkan suatu jalan pintas untuk menyederhanakan proses. Dalam kasus seperti itu konsumen tidak berkepentingan dengan pencapaian keputusan yang optimal; mereka hanya ingin membuat keputusan yang “cukup baik”.
c. Proses Pilihan Pengalaman
Dari perspektif pengalaman, konsumen menentukan pilihan setelah mempertimbangkan perasaan mereka mengenai alternatif, perspektif ini memberi sedikit tekanan pada pengembangan kepercayaan mengenai atribut. Beberapa jenis pilihan konsumen dapat dikatagorikan sebagai proses pengalaman ;
1) Heuristis afeksi referal
2) Pengaruh kesadaran merk
3) Pembelian impulsif
4) Pengaruh berdasarkan suasana hati.
1). Heuristis Afeksi-Referal (affect-referral heuristic),
Mereka berdasarkan pilihannya pada tanggapan emosi keseluruhan terhadap alternatif. Jadi dari pada mereka meneliti atribut atau keyakinan mereka mengenai atribut, lebih memilih alternatif dimana mereka mempunyai perasaan yang paling positif.
Heuristis afeksi-referal menjelaskan mengapa para konsumen melakukan pembelian berdasarkan kesetiaan merk. Pembelian yang dilakukan karena kesetiaan merk mempunyai komponen yang kuat, konsumen yang mengungkapkan kesetiaan merk yang kuat hampir pasti menunjukkan sikap yang sangat positif terhadap merk. Ketika melakukan pembelian, mereka tidak melalui proses keputusan yang luas atau bahkan terbatas. Disini, mereka hanya mengacu pada perasaan
Contoh ; andaikan setelah bertahun-tahun TV Toshiba akhirnya rusak. Ia akan mengungkapkan kesetiaan merk bila ia hanya menghubungi agen Toshiba dan memintanya untuk menyampaikan model terbaru yang ada.
2). Pengaruh Kesadaran merk (The Effect of Brand Awarness)
Kesadaran merk juga mempengaruhi pilihan konsumen melalui proses afeksi referral. Merk-merk baru sering kali mengalami masa sulit untuk meraih pangsa pasar karena konsumen memiliki pengaruh positif yang demikian banyak terhadap merk. kosumen cenderung untuk memilih merk yang dikenal daripada merk-merk yang memasuki pasar.
Contoh : minuman aqua. Apabila isi air yang terdapat didalam aqua dipindahkan ke dalam botol yang menggunakan brand berbeda dan belum dikenal, maka kemungkinan yang sangat besar konsumen tidak akan jadi memilih minuman tersebut selain aqua walaupun air dari botol tersebut telah di isi dengan air dari aqua. Itu sebabnya suatu merk sangat mempengaruhi konsumen dalam memilih untuk membeli.
3). Pembelian impulsif
Pembelian impulsif didefinisikan sebagai tindakan membeli yang dilakukan tanpa memiliki masalah sebelumnya atau maksud atau niat membeli yang terbentuk sebelum memasuki toko. Pembelian impulsif dapat dijelaskan sebagai pilihan yang dibuat pada saat itu juga karena perasaan positif yang kuat mengenai suatu benda.
Contoh : saya berada di Beverly Hills hanya untuk berjalan-jalan tanpa niat untuk membeli, tetapi ketika saya melihat beberapa sepatu yang dijual, saya masuk ke toko dan mencobanya dan ternyata ukurannya pas sekali. Waktu itu saya berfikir untuk membeli sepasang, kemudian saya mendapatkan bahwa perasaan saya harus mencoba segalanya. Perasaan tersebut memanggil-manggil saya, lalu kita tiba-tiba merasa dipaksa untuk membeli sesuatu. Rasanya seperti memproleh suatu ide. Ini merupakan keinginan yang tiba-tiba, dan bila kita tidak dapat melakukannya dengan segera, kita harus memikirkan alasan mengapa kita tidak membutuhkannya.
4). Pengaruh keadaan suasana hati terhadap pilihan
Keadaan suasan hati mempengaruhi apakah konsumen akan menggunakan pendekatan pengambilan keputusan atau pengalaman untuk melakukan pilihan. Sebuat tim riset menemukan bahwa masyarakat dalam suasana hati positif memberi respon yang lebih menguntungkan pada daya tarik emosional dari pada daya tarik informasi. Sebaliknya, masyarakat yang berbeda dalam keadaan suasana hati negatif memberi respon lebih menguntungkan pada daya tarik informasi. Hasil temuan ini diperluas oleh para peneliti ke proses pilihan. Mereka menemukan bahwa bila orang berada dalam keadaan suasana hati negatif, mereka cenderung berpegang pada pendekatan informasi dalam pemilihan produk. Bila mereka dalam keadaan suasana hati positif, mereka lebih cenderung untuk berfokus pada perasaan dan khayalan mengenai penggunaan merk tertentu.

5. EVALUASI PASCA AKUISISI
Model proses pascaakuisisi konsumen, meliputi 5 tahap utama :
a. pemakaian atau konsumsi produk
b. kepuasan atau ketidakpuasan konsumen
c. perilaku keluhan konsumen
d. disposisi barang
e. pembentukan kesetiaan merk
Selama tahap konsumsi, konsumen menggunakan dan mempelajari produk, pemakaian produk meliputi tindakan dan pengalaman yang terjadi pada periode waktu dimana seorang konsumen secara langsung menggunakan barang atau jasa.
Tahap ini kemudian diikuti oleh pengembangan kepuasan atau ketidakpuasan akan produk. Tingkat kepuasaan/ ketidakpuasan dipengaruhi oleh evaluasi konsumen.
Bila konsumen merasa tidak puas dengan kinerja produk, mereka dapat mengeluhkannya kepada pengecer atau pabrik atau layanan konsumen.
Dua tahap akhir dari tahap pascaakuisisi meliputi disiposisi barang/produk yang pada dasarnya seorang konsumen mempunyai strategi disposisi untuk memilih setelah menggunakan produk selama beberapa periode waktu, apakah produk atau barang tersebut akan disimpan, dibuang, dijual atau diberikan. dan yang terakhir dari proses pascaakuisisi yaitu mereka membentuk kesetiaan merk serta niat untuk membeli di masa depan atau mendatang. 



SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI

SEGMENTASI PASAR

DASAR – DASAR SEGMENTASI PASAR

BAB I

Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran.
Pengertian segmentasi pasar sebagai suatu strategi perusahaan tidaklah semata dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan menciptakan produk baru (product diversification), tetapi didasarkan atas atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen.

Peranan segmentasi dalam marketing :
1. Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2. Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar
3. Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4. Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.

BAB II

PENDEKATAN-PENDEKATAN SEGMENTASI
Pendekatan-pendekatan segmentasi ada beberapa macam diantaranya adalah geografi, demografi, psikografi, dan behavioral. Masing-masing pendekatan ini memiliki ciri-ciri yang berbeda satu sesuai.

Geografi
Segmentasi geografi akan membagi pasar ke dalam beberapa bagian geografi yang berbeda-beda seperti negara, negara bagian, wilayah, kota, dan desa. Perusahaan akan beroperasi pada satu atau beberapa area geografi yang dipandang potensial dan menguntungkan.

Demografi
Dalam segmentasi demografi, pasar dibagi menjadi grup-grup dengan dasar pembagian seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendekatan, tingkat pendidikan, dan agama. Setidaknya ada lima alasan mengapa pendekatan demografi ini hampir selalu disertakan, antara lain adalah informasi demografi adalah informasi yang mudah dijangkau dan relatif lebih murah untuk mengidentifikasikan target market, informasi demografi memberikan insight tentang trend yang sedang terjadi, meski tidak dapat untuk meramalkan perilaku konsumen, demografi dapat dilihat untuk melihat perubahan permintaan aneka produk dan yang terakhir demografi dapat digunakan untuk mengevaluasi kampanye-kampanye pemasaran.

Psikografi
Konsumen dapat dibagi menurut demografi tetapi seringkali ini tidaklah cukup. Perusahaan ingin tahu lebih jauh apa sebenarnya yang membuat orang-orang yang memiliki usia, penghasilan, pendapatan dan pendidikan yang sama berbeda dalam merespon suatu stimuli pemasaran. Dalam segmentasi psikografis, perilaku konsumen diobservasi melalui gaya hidup (lifestyle), nilai-nilai kehidupan yang dianut (value) dan kepribadian (personality).

(1) Segmentasi dan kepuasan
Menurut Philip Kotler (1997:36) Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya.

Macam-macam atau Jenis kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah .

Pengelompokan inilah yang sering kita dengar sebagai segmentasi pelanggan. Segmentasi ini mutlak dilakukan secara bervariasi. Dapat di bagi beberapa segmen berdasarkan :
- letak geografis
- volume pembelian demografis
- produk yang dibeli
- sesuai kebutuhan Anda
Umumnya, tiap segmen adalah unik dan juga memberi kontribusi yang berbeda terhadap organisasi.

(2) Segmentasi dan profitabilitas
Profitabilitas adalah kemampuan perseroan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas perseroan biasanya dilihat dari laporan laba rugi perseroan (income statement) yang menunjukkan laporan hasil kinerja perseroan.

1. Tingkatkan Efisiensi Proses Produksi
Proses produksi yang efisien akan menghasilkan penghematan. Semakin berhemat, semakin rendah pula biaya produksi. Dengan semakin rendahnya biaya produksi, maka margin keuntungan juga samakin tinggi. Terapkan prinsip-prinsip “Total Quality Management” sistem produksi Anda untuk memangkas biaya-biaya yang tidak perlu.

2. Fokus Pada “Core Business” Terpenting Anda
Apakah Anda sudah mengetahui apa sebenarnya Core Business di mana Anda harus menfokuskan waktu, energi dan pikiran? Jika Anda melenceng pada hal-hal yang tidak penting, maka yang sedah Anda lakukan adalah pemborosan sumberdaya yang sangat berharga, yaitu waktu Anda.


3. Berdayakan Orang-orang Yang Berdedikasi Melalui Kepemimpinan
Manusia adalah sumberdaya terpenting dalam organisasi Anda. Semakin tinggi tingkat penghargaan Anda pada aspek manusia, semaking tinggi pula tingkat kemampuan untuk menciptakan keberhasilan organisasi. Dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan organisasi yang efektif, Anda akan mampu membawa organisasi Anda ke level yang lebih tinggi dan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi pula.

4. Pertajam Kecerdasan Organisasi
Apakah organisasi Anda merupakan organisasi yang cerdas? Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi pula kemampuan organisasi Anda dalam menavigasikan diri ke arah masa depan yang lebih baik. Seberapa sering Anda memberikan pelatihan-pelatihan berkualitas bagi para karyawan untuk mempertajam kemampuan mereka dalam mengelola organisasi secara lebih profesional. Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi tingkat profitabilitas perusahaan Anda.

5. Kompensasi Yang Sesuai
Manusia ingin dihargai. Jika Anda membayar lebih rendah dibandingkan kemampuan dan usaha yang sudah mereka berikan bagi organisasi Anda, mereka akan merasa dirugikan. Jika mereka merasa dirugikan, maka sebaiknya Anda jangan berharap mereka akan memberikan yang terbaik bagi organisasi Anda. Jika kita melihat negara-negara yang sistem ekonominya telah maju, kita melihat bahwa sistem kompensasi yang diterapkan merefleksikan kinerja.

(3) Penggunaan segmentasi dalam strategi pemasaran
Agar segmen pasar dapat bermanfaat maka harus memenuhi beberapa karakteristik:
• Measurable : Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit diukur.
• Accessible : Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
• Substantial : Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani
• Differentiable : Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen-elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
• Actionable : Program yang efektif dapat dibuat untuk menarik dan melayani segmen-segmen yang bersangkutan.

Langkah dalam mengembangkan segmentasi yaitu:
1. Mensegmen pasar menggunakan variabel-variabel permintaan, seperti kebutuhan konsumen, manfaat yang dicari, dan situasi pemakaian.
2. Mendeskripsikan segmen pasar yang diidentifikasikan dengan menggunakan variabel-variabel yang dapat membantu perusahaan memahami cara melayani kebutuhan konsumen tersebut dan cara berkomunikasi dengan konsumen.

1.2 Rencana perubahan

(1) Analisis konsumen dan kebijakan social
Analisis konsumen berguna untuk melihat bagaimana konsumen mengambil keputusan dan peran pemasaran di dalamnya.

Pengambilan Keputusan Konsumen
Proses pengambilan keputusan yang dilakukan seseorang mengalami berbagai pentahapan sebagai berikut:
1. Analisis Kebutuhan. Konsumen merasa bahwa dia membutuhkan sesuatu untuk memenuhi keinginannya. Kebutuhan itu bisa dibangkitkan oleh dirinya sendiri ataupun stimulus eksternal. Stimulus bisa melalui lingkungan bergaul, sesuatu yang dilihat, ataupun dari komunikasi produk atau jasa perusahaan lewat media massa, brosur, dan lain-lain.
2. Pencarian Informasi. Setelah kebutuhan itu dirasakan, konsumen kemudian mencari produk ataupun jasa yang bisa memenuhi kebutuhannya.
3. Evaluasi Alternatif. Konsumen kemudian mengadakan evaluasi terhadap berbagai alternatif yang tersedia mulai dari keuntungan dan manfaat yang dia peroleh dibandingkan biaya yang harus ia keluarkan.
4. Keputusan Pembelian. Konsumen memutuskan untuk membeli merek tertentu dengan harga tertentu, warna tertentu.
5. Sikap Paska Pembelian. Sikap paska pembelian menyangkut sikap konsumen setelah membeli produk ataupun mengkonsumsi suatu jasa. Apakah dia akan puas dan terpenuhi kebutuhannya dengan produk atau jasa tersebut atau tidak.
Analisis Kebijakan Sosial
Analisis kebijakan (policy analysis) dapat dibedakan dengan pembuatan atau pengembangan kebijakan (policy development). Analisis kebijakan tidak mencakup pembuatan proposal perumusan kebijakan yang akan datang. Analisis kebijakan lebih menekankan pada penelaahan kebijakn yang sudah ada. Sementara itu, pengembangan kebijakan lebih difokuskan pada proses pembuatan proposal perumusan kebijakan yang baru.
Namun demikian, baik analisis kebijakan maupun pengembangan kebijakan keduanya memfokuskan pada konsekuensi-konsekuensi kebijakan. Analisis kebijakan mengkaji kebijakan yang telah berjalan, sedangkan pengembangan kebijakan memberikan petunjuk bagi pembuatan atau perumusan kebijakan yang baru.
Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa analisis kebijakan sosial adalah usaha terencana yang berkaitan dengan pemberian penjelasan (explanation) dan preskripsi atau rekomendasi (prescription or recommendation) terhadap konsekuensi-konsekuensi kebijakan sosial yang telah diterapkan. Penelaahan terhadap kebijakan sosial tersebut didasari oleh oleh prinsip-prinsip umum yang dibuat berdasarkan pilihan-pilihan tindakan sebagai berikut:
1. Penelitian dan rasionalisasi yang dilakukan untuk menjamin keilmiahan dari analisis yang dilakukan.
2. Orientasi nilai yang dijadikan patokan atau kriteria untuk menilai kebijakan sosial tersebut berdasarkan nilai benar dan salah.
3. Pertimbangan politik yang umumnya dijadikan landasan untuk menjamin keamanan dan stabilitas.

(2) Perubahan struktur pasar konsumen
Struktur Pasar Konsumen – Persaingan Sempurna, Monopolistik, Oligopoli dan Monopoli :

1. Pasar Persaingan Sempurna
Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya
adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain. Sifat-sifat pasar persaingan sempurna :
- Jumlah penjual dan pembeli banyak
- Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain
- Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
- Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
- Posisi tawar konsumen kuat
- Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
- Sensitif terhadap perubahan harga
- Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar

2. Pasar Monopolistik
Struktur pasar monopolistik terjadi manakala jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa/sejenis, namun di mana konsumen produk tersebut berbeda-beda antara produsen yang satu dengan yang lain. Contoh produknya adalah seperti makanan ringan (snack), nasi goreng, pulpen, buku, dan sebagainya. Sifat-sifat pasar monopolistik :
- Untuk unggul diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda
- Mirip dengan pasar persaingan sempurna
- Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda
- Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga
- Relatif mudah keluar masuk pasar

3. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya. Sifat-sifat pasar oligopoli :
- Harga produk yang dijual relatif sama
- Pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses
- Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar
- Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain

4. Pasar Monopoli
Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual. Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya. Sifat-sifat pasar monopoli :
- Hanya terdapat satu penjual atau produsen
- Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli

ANALISIS DEMOGRAFI

Pada suatu pemasaran produk, analisis demografi harus dilakukan. Hal tersebut berguna untuk mengetahui trend demografis produk yang dipasarkan. Data dalam demografi pemasaran dapat terdiri dari usia, ras, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, mobilitas, kepemilikan rumah, lokasi, status, pekerjaan, dan tingkat pendidikan. Jika demografi konsumen telah di lakukan, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan analisis demografi, agar demografi yang telah dilakukan dapat kita ketahui hasilnya setelah kita melakukan analisis atas demografi yang telah kita buat.

Ilmu demografi terbagi menjadi dua:
Adolphe Landry (1945)menyarankan dibedakan antara istilah demografi murni dan studi kependudukan
Demografi murni (pure demography)
v Demografi formal yang menghasilkan teknik-teknik untuk menghitung indikator-indikator kependudukan..
Studi atau analisis kependudukan yang lebih luas
v Studi mengenai hubungan antara faktor-faktor perubahan penduduk dan faktor-faktor pembangunan.
Studi yang berusaha memberi penjelasan tentang sebab akibat perubahan variabel demografi
Manfaat analisis demografi
v Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalam suatu daerah tertentu.
v Menjelaskan pertumbuhan penduduk pada masa lampau, kecenderungannya, dan persebarannya dengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.
v Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial, ekonomi, budaya, lingkungan dan lain-lain.
v Pemperkirakan pertumbuhan penduduk (proyeksi penduduk) pada masa yang akan datang dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.
2.1 Rencana Perubahan (analisis konsumen, kebijakan fiskal, perubahan struktur pasar konsumen)
Perencanaan pemasaran adalah proses perencanaan tahapan-tahapan aktivitas dalam pemasaran. Manfaat perencanaan pemasaran:
v Perencanaan pemasaran merupakan peta situasi pasar.
v Perencanaan pemasaran membantu dalam kontrol manajemen dan implementasi strategi.
v Perencanaan pemasaran memberi informasi peran dan fungsi setiap anggota baru dalam suatu perusahaan.
v Perencanaan pemasaran memperlihatkan gambaran pengkoor-dinasian semua sumber daya untuk implemetasi.
v Perencanaan pemasaran menstimulasi pemikiran baru dan pemanfaatan optimal sumber daya.
v Perencanaan pemasaran memberikan gambaran pembagian tanggung jawab, tugas, dan pengaturan jadwal kegiatan.
v Perencanaan pemasaran mengantisipasi masalah, kesempatan, dan ancaman.
Macam-macam perencanaan pemasaran:
Perencanaan produk baru: perencanaan yang ditujukan untuk produk, layanan, lini produk, atau merek yang belum diperkenalkan perusahaan. Untuk membuat perencanaannya, terkadang Anda dituntut membuat banyak asumsi berdasar produk atau layanan yang mirip atau sejenis.
Perencanaan tahunan: perencanaan yang ditujukan untuk produk, proyek, layanan, atau merek yang sudah ada dalam perusahaan. Merupakan modifikasi atau penyesuaian perencanaan tahunan.
Rencana strategi adalah arah atau visi jangka panjang organisasi dan bukan isu manajemen sehari-hari. Rencana strategi menjangkau waktu lebih dari tahun anggaran berikutnya. Biasanya berjangka waktu 3 sampai 5 tahun. Sedangkan rencana pemasaran taktik adalah rencana jangka pendek.
Proses penyusunan perencanaan pemasaran terdiri dari:
penetapan pernyataan misi;
penetapan sasaran perusahaan;
melakukan audit pemasaran;
melakukan analisis SWOT;
membuat asumsi-asumsi;
menetapkan sasaran pemasaran dan strategi;
memperkirakan hasil yang diharapkan;
identifikasi rencan alternatif dan bauran;
menentukan anggaran;
membuat rencana implementasi satu tahun pertama.
Apabila perencanaan pemasaran didasarkan pada pasar, pelanggan, dan produk maka perencanaan perusahaan berkaitan dengan sumber daya perusahaan. Perencanaan perusahaan memberi visi jangka panjang tentang perusahaan.

Sumber: http://dimasmandala.wordpress.com/2011/12/01/segmentasi-pasar-dan-analisis-demografi-terhadap-perilaku-konsumen/