JURNAL 1
NAMA: Ati Harmoni1, Ade Andriyani2
JUDUL: PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN
TAHUN : 2008
TEMPAT: Pasir Gunung Selatan, Cimanggis-Depok,
KATA KUNCI : Corporate
Social Responsibility (CSR), penilaian konsumen
Tujuan Penelitian ini
adalah untuk mengkaji informasi yang terjadi dalam laman resmi perusahaan
terkait CSR dan mengetahui penilaian konsumen mengenai bentuk nyata CSR
perusahaan. Sebagai contoh kasus dipilih PT. Unilever Indonesia Tbk. Data
primer dan sekunder digunakan dalam penelitian ini. Data primer diperoleh melalui
penyebaran kuesioner kepada 50 orang responden yang tinggal di kelurahan Pasir
Gunung Selatan, Cimanggis-Depok, yang menggunakan produk-produk Unilever yang
dipilih secara acak. Data sekunder berupa Sustainability Report Unilever yang
disajikan pada laman resmi perusahaan (http://www.unilever.co.id).
Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Penilaian konsumen terhadap CSR perusahaan akan dilihat dari tiga
hal utama yaitu hak konsumen, penetapan harga, dan etika perusahaan dalam
beriklan. Dari hasil analisis, disimpulkan bahwa dari 3 (tiga) variabel yaitu
hak konsumen, penetapan harga, dan etika dalam beriklan yang diukur, dengan 7
(tujuh) indicator yang ada, sudah sepenuhnya sesuai dengan penilaian dari
konsumen.
JURNAL 2
NAMA : MUHAMMAD
FAIZ ROSYADI
JUDUL : PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP CUSTOMER RETENTION (Studi
Kasus Pada Bank BPD DIY Cabang Syariah)
TAHUN : 2012
TEMPAT : Studi Kasus Pada Bank BPD DIY Cabang Syariah
Kata kunci: Etika
bisnis Islam, keadilan (‘adl), kehendak bebas (free will),
Semakin cepat
dan pesat perkembangan perbankan syariah di Indonesia, mengakibatkan semakin
ketatnya persaingan di dunia perbankan. Kecilnya tingkat pertumbuhan segmen pasar
pada perbankan syariah, mengharuskan bank syariah untuk lebih meningkatkan
kinerja pelayanan dan memperluas segmen pasar agar dapat mengejar selisih market
share yang terlalu jauh dengan bank konvensional. Hal ini juga dialami oleh
Bank BPD DIY Syariah, bank dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan
agar mampu bersaing dalam persaingan tersebut. Untuk memperoleh profitabilitas
yang tinggi pada perusahaan perlu adanya upaya untuk meningkatkan customer
retention (mempertahankan nasabah) karena customer retention adalah
kunci profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh etika
bisnis Islam yang terdiri dari keadilan (‘adl), kehendak bebas (free
will), tanggungjawab (responsibility), dan kebenaran, terhadap customer
retention. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 100 nasabah
Bank BPD DIY Syariah, yang diperoleh dengan menggunakan accidental sampling,
kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis
data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas
dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis
melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif
merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian secara
hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan
penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi yang
terlihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,725 yang berarti bahwa customer
retention pengaruhnya dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen
yaitu keadilan, kehendak bebas, tanggungjawab, kebenaran sebesar 72,5%, dan
sisanya yaitu 27,5% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model
penelitian ini. Secara parsial berdasarkan hasil uji t variabel-variabel dalam
penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan dimana variabel tanggungjawab
(responsibility) memiliki pengaruh terbesar dibandingkan variabel lain dalam
penelitian ini, sedangkan variabel kebenaran memiliki pengaruh paling rendah
terhadap customer retention. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa secara
simultan atau bersama-sama variabel dalam penelitian ini yaitu keadilan,
kehendak bebas, tanggungjawab, kebenaran, berpengaruh positif dan signifikan
terhadap customer retention. Oleh karena itu untuk meningkatkan customer
retention dalam suatu perusahaan, dapat dilakukan dengan cara meningkatkan
penerapan etika bisnis Islam dalam setiap kegiatan bisnis.
JURNAL 3
NAMA : Sancaki Satia M,
JUDUL : PENGARUH ETIKA PROFESI AUDITOR EKSTERNAL DAN MASA PERIKATAN AUDIT
TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR
AKUNTAN PUBLIK DIWILAYAH BANDUNG
TAHUN : 2008
TEMPAT : KANTOR AKUNTAN PUBLIK DIWILAYAH BANDUNG
KATA KUNCI : Etika profesi auditor, Masa
perikatan audit, kualitas audit
Penelitian
ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari etika profesi auditor eksternal dan
masa perikatan audit terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik di
Bandung. Dalam penelitian ini mengambil kasus pelanggaran terhadap standar
auditing dimana ada dua Akuntan Publik yang melanggar terhadap standar auditing
yaitu akuntan publik Muhamad Zen dan Rutlan Hidayat disini akuntan. Untuk kasus
yang ke dua pelanggaran terhadap ketentuan Pasal 3 ayat (1) Peraturan Menteri Keuangan
(PMK) Nomor: 17/PMK.01/2008 tentang Jasa Akuntan Publik yaitu KAP Nasrul Efendi
& rekan serta akuntan publiknya yaitu Drs. Nasrul Amri dari kasus diatas
maka kualitas yang dihasilkan oleh akuntan publik buruk yang mengakibatkan
Kantor Akuntan Publik mereka di bebukan oleh Menteri Keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan metode
kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif dan verifikatif yang dilakukan
pada Kantor Akuntan Publik yang berada di wilayah Bandung dengan cara
menyebarkan kuesioner kepada para praktisi yang terkait seperti pemilik KAP,
auditor senior dan auditor junior. Hasil dari penelitian ini menghasilkan bahwa
etika profesi auditor eksternal dan masa perikatan audit baik simultan maupun
parsial berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kualitas audit
dengan corelasi untuk variable etika profesi auditor yaitu korelasi kuat dan
untuk variabel masa perikatan audit yaitu korelasi sedang.
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/643/jbptunikompp-gdl-sancakisat-32113-12-unikom_s-l.pdf
http://digilib.uin-suka.ac.id/10594/1/BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar